Wednesday, November 28, 2012

AGAR TEKS FOTO TIDAK HILANG TERKENA TEXT WRAP

Bila Anda bekerja disebuah penerbitan entah itu Majalah, Tabloid, Koran atau yang lainnya pasti tidak asing lagi dengan istilah Text Wrap.

Pasti kita sering menemui pada sebuah Majalah, Tabloid, Koran ada salah satu foto yang dicroping lalu teksnya mengikuti alur foto itu, ya…itulah yang disebut Text Wrap.



Tapi pada session kali ini saya tidak membahas soal itu, melainkan membahas tentang sebuah foto yang diberi Text Wrap namun pada foto itu terdapat sebuah keterangan tentang foto itu, saya biasa menyebutnya Caption Foto.

Langkah-langkahnya adalah buka Software Indesign dan ambilah sebuah naskah dan sebuah foto yang sudah dicroping. Kemudian berikan Text Wrap pada foto tersebut, hasilnya pasti naskah akan mengikuti alur foto tersebut.

Selanjutnya buat Teks Foto untuk keterangan foto tersebut misalnya “SUNGGUH INDAHNYA HIDUP DI ALAM BEBAS INI” kemudian letakkan tepat diatas foto, sekarang lihatlah apa yang terjadi…..pasti teks fotonya akan hilang dan yang ada hanya tanda plus merah

Pada gambar yang bertanda PANAH MERAH terlihat Teks Foto yang sudah kita buat hilang, sedangkan tanda BULAT MERAH menandakan ada sebuah teks yang tersembunyi.
















Agar Teks Foto tidak hilang caranya klik teks foto tersebut kemudian klik Menu: OBJECT > TEXT FRAME OPTIONS atau CTRL+B akan tampil jendela TEXT FRAME OPTIONS.
















Pada Tab GENERAL berikan tanda centang pada pilihan IGNORE TEXT WRAP, untuk melihat hasilnya centang pilihan PREVIEW kemudian klik OK.

Sekarang lihatlah hasilnya… Teks Foto yang hilang sudah muncul ke permukaan.















Itulah sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua…