Tuesday, November 27, 2012

CONVERT TEKS DI INDESIGN AGAR TIDAK MISSING FONT

Pada suatu hari disebuah Percetakan ada seorang konsumen yang mengeluh karena hasil cetakannya sangat mengecewakan terutama pada bagian typografinya.

Pada bagian-bagian tertentu banyak font yang tidak sesuai dengan hasil proof sebelumnya. Padahal jika dilihat pada hasil proof, semua font sudah sesuai keinginannya, lantas dimana letak kesalahannya…?


Itulah satu dari sekian banyak keluhan para konsumen jika kita tidak teliti melihat kembali hasil Design yang sudah kita kerjakan.

Kembali pada judul diatas, pada Software Freehand, CorelDraw dan Illustrator mereka telah menyediakan fasilitas yang dinamakan Convert Teks. Tapi jangan salah pada Software Indesign pun sudah menerapkan fasilitas ini.

Namun pada masing-masing Software untuk fasilitas Convert Teks semua berbeda-beda namanya kecuali Illustrator dan Indesign.

FREEHAND        =  CONVERT TO PATHS
CORELDRAW    =  CONVERT TO CURVES
ILLUSTRATOR   =  CREATE OUTLINES
INDESIGN          =  CREATE OUTLINES

Kegunaan dari Convert Teks itu sendiri adalah, agar sebuah teks bisa dirubah menjadi sebuah Vector, lalu apa keuntungannya….?

Keuntungannya adalah untuk mengantisipasi jika hasil Desain yang sudah selesai kita kerjakan dan ingin dicetak pada sebuah Percetakan tidak Missing Font lagi, seperti yang diceritakan pada kejadian diatas.

Pada Software Indesign untuk menerapkan fasilitas Convert Teks sangat mudah sekali, caranya : Buka Software Indesign dan buat file baru, kemudian tuliskan teks pada halaman misalnya : "CONVERT TEKS DI INDESIGN”.

Langkah selanjutnya Klik Menu: TYPE > CREATE OUTLINES atau SHIFT+CTRL+O, perhatikan lagi dengan seksama antara yang belum diconvert dan yang sudah diconvert, perbedaannya sangat tipis sekali bukan, mungkin hanya pada masing-masing handle teks yang berwarna biru saja jika dilihat pada monitor komputer.








Itulah sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua…