Sunday, April 27, 2014

Membuat Drop Cap pada Adobe Indesign

Materi Minggu ini tentang membuat Drop Cap (huruf besar di awal paragraf.
Dalam surat kabar atau majalah, sering kita temukan drop cap atau huruf yang berukuran besar di awal paragraf. Drop cap ini lazim digunakan selain untuk menonjolkan bagian text di awal paragraf, namun juga sering digunakan sebagai penghias dan sisi artistik.



Nah, lalu, bagaimankah cara membuat drop cap pada adobe indesign? Berikut ini adalah caranya

Pertama, siapkan paragraf text yang mau dibuat drop cap, arahkan kursor mouse (dalam type tool mode) pada huruf awal paragraf. Setelah itu, silahkan pilih menu Paragraph di panel bar sebelah kanan, jika tak ada, silahkan pilih menu Windows > Type & Tables > Paragraph atau tekan Alt+Ctrl+T.

Di menu paragraph, ada 8 pengaturan, yang terbagi menjadi 4 baris kiri dan kanan, untuk mengatur drop cap, yang digunakan adalah baris terbawah (kiri dan kanan), yaitu Drop Cup Number of Lines dan Drop cup one or more character.

Drop Cup Number of Lines berfungsi untuk mengatur jumlah baris huruf yang dipakai untuk drop cap, sedangkan Drop cup one or more character mengatur jumlah karakter huruf di awal paragraf yang akan dibuat drop cap.



Nah, untuk membuat drop cap, silahkan isi pilihan Drop Cup Number of Lines dengan jumlah baris yang akan dipakai sebagai drop cap, bisa 2, 3, 4 atau terserah, tapi yang lazim digunakan adalah 3.