Wednesday, September 26, 2012

Membuat dan Mengolah Frame Text pada Indesign

Frame text adalah tempat dimana Anda dapat mengetik text atau mengolah text. Frame text dapat diubah ukurannya atau diperbesar sesuai dengan kebutuhan dalam pengelolaan dokumen Anda.

Membuat Frame Text dan Mengimpor Text
1. Untuk membuat frame text Anda dapat mengklik tombol Membuat dan Mengolah Frame Text - Tombol Text pada toolbox atau tekan T pada keyboard.
2. Klik satu kali pada dokumen anda untuk mendapatkan titik corner pertama kemudian klik titik selanjutnya untuk membentuk titik corner kedua sehingga terbentuk frame/bingkai berbentuk segi empat.
Membuat dan Mengolah Frame Text - Membuat Frame Text
3. Untuk mengimpor text kedalam dokumen Anda cukup tekan ctrl+d atau ilih menu file > place kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini :
Membuat dan Mengolah Frame Text - Place Document
Untuk mengimpor (place) saya sarankan untuk memilih file document dalam bentuk *.doc atau *.docx karena menurut pengalaman saya mengimpor file selain yang telah disebutkan diatas kita akan mengalami kesulitan dalam mengolah text.
3. Pilih dokumen file anda kemudian > klik open > lalu tempatkan pada document guide anda.
Untuk mengalirkan text secara manual cukup anda klik sudut kiri atas pada document guide.
Untuk mengalirkan text secara otomatis anda harus klik tahan tombol shift lalu klik sudut kiri atas pada document guide.
Hmmm..Saya rasa itu sudah cukup mengenai text pada Indesign, mohon saran dan kritiknya.. Terima kasih..