Wednesday, September 26, 2012

Text Wrap dan Text Inside Path InDesign

Teknik Text Wrap dan Text Inside Path adalah teknik dasar layout buku, koran, majalah atau produk publishing lainnya yang ada di InDesign dan program Document Publishing lainnya yang harus dikuasai oleh seorang setter atau layouter. Saya yakin ini bukan teknik yang sulit atau rumit untuk dipelajari, namun pada tutorial ini saya akan memberikan detail tentang teknik ini untuk menjelaskan beberapa pertanyaan yang dilontarkan teman saya yang memang masih baru mengunakan InDesign.  Karena itu tidak ada salahnya juga saya coba buatkan tutorialnya karna mungkin masih ada yang belum memahami teknik ini.
Berikut langkah-langkah membuat Text Wrap dan Text Inside Path dengan InDesign CS5 (Versi dibawah CS5 juga menggunakan cara yang sama).

Text Wrap

1. Tempatkan text yang ingin digunakan pada halaman kerja dengan cara mengetikkannya, paste, atau import dari file.
Text

2. Kemudian masukan image yang diinginkan dan kita buat seleksinya. Caranya adalah dengan menempatkan image atau fot0 yang ingin digunakan pada halaman kerja dan buat seleksinya dengan pen tool. Berikan outline agar lebih memudahkan.
Masukan image

Setelah areal seleksi selesai dibuat, kita letakkan gambar di dalam seleksi tersebut dengan cara cut gambar kemudian paste into ke dalam seleksi.

Buang outline yang ada melalui jendela Swatches.
Buang outline

3. Letakkan image yang sudah di seleksi di posisi yang diinginkan di halaman kerja

4. Klik image, kemudian aktifkan window Text Wrap dengan cara mengklik menu Window, pilih Text Wrap.
Jendela Text Wrap

5. Ada berbagai pilihan text wrap di jendela text wrap ini. Pada tutorial ini yang saya inginkan adalah text mengalir disekitar seleksi objek. Maka yang saya klik adalah pilihan Wrap Around Object Shape.
Pilihan Text Wrap

Untuk pilihan text wrap lainnya semua terdapat pada jendela ini. Detail ukuran, jarak dan lain-lain juga dapat di modifikasi disini. Berikut hasil akhir setelah menggunakan Text Wrap.
Hasil akhir Text Wrap

Untuk hasil yang lebih sempurna, anda dimungkinkan untuk mengedit hasil akhir, seperti pada hasil akhir ini saya merasa jarak tulisan kurang jauh dan ada potongan kata yang kurang bagus.
Hasil akhir kurang sempurna

Jarak antar tulisan dan seleksi dapat diedit dengan mengaktifkan seleksi gambar kemudian memasukan besaran pada kolom ini :
Edit besaran jarak Text Wrap

Sedangkan untuk mengedit potongan kata yang kurang bagus Anda dapat mengedit path seleksi. Pada image tersebut saya menggunakan Direct Selection Tool (A) pada Tollbox untuk menaikan satu path diantara text “simply” dan “dummy” yang jaraknya terlalu lebar.
Edit path seleksi

Text Inside Path

Type Inside Path adalah teknik untuk membuat tulisan mengalir (flow) mengikuti bentuk path. Untuk melakukan hal ini yang dibutuhkan hanya 2 elemen yaitu Text dan Path dengan bentuk yang diinginkan. Caranya sangat sederhana, berikut langkah-langkahnya :
1. Buat path seperti yang diinginkan menggunakan Pen Tool atau tools untuk membuat path lainnya. Berikan outline untuk memudahkan
Buat Path

2. Klik Type Tool pada Toolbox untuk mengetikan text atau paste atau import file document.

3. Dengan posisi kursor type aktif, ketik atau paste atau import file di dalam path tersebut.
Masukkan Text

4. Buang outline melalui jendela Swatches, dan Selesai.
Buang Outline